Langkah-langkah Membuat Website Marketplace

Langkah-langkah Membuat Website Marketplace
Langkah-langkah Membuat Website Marketplace

Tokopedia dan Bukalapak merupakan website marketplace terbesar di Indonesia yang memiliki peran cukup besar terhadap laju perkembangan ekonomi di Indonesia. Bisnis online akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Bahkan menurut Alexa, kedua marketplace ini masuk dalam jajaran 10 besar website terbesar di Indonesia bersaing dengan Google.com dan Google.id.

Melihat kesuksesan dua website tersebut, banyak orang tertarik untuk membuat sendiri website marketplace dengan multi user sehingga orang bisa berjualan secara bebas. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat website marketplace untuk ruang lingkup lebih kecil dari Tokopedia atau Bukalapak.

Langkah-langkah Membuat Website Marketplace

WordPress dan WC WooCommerce

Cara pertama yang bisa Anda tempuh untuk membuat sebuah website marketplace adalah memanfaatkan wordpress dan plugin wc woocomerce multi vendor marketplace. Kedua fitur ini bisa didapatkan secara gratis. Cukup dengan menginstal wordpress, plugin woocommerce serta wc woocommerce maka Anda sudah bisa memiliki sebuah website marketplace.

Plugin woocommerce ini selain tersedia dalam versi gratis, namun juga tersedia juga dalam versi berbayar atau premium yang memiliki keunggulan sehingga sangat disarankan untuk dipilih.

 

Opencart dan Ekstensi ClerksCart

Selain wordpress, Anda juga bisa menggunakan Opencart dan Ekstensi ClerksCart Multi Vendor Marketplace. Kedua fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah website marketplace yang sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia, nyaman digunakan serta kemudahan dalam sistem pembayarannya.

Joomla dan Multi Vendor Marketplace For Virtuemart

Joomla dan Virtuemart bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah marketplace yang cukup handal. Terlebih Multi Vendor Marketplace merupakan produk buatan webkul yang sudah terbukti sangat konsekuen dalam memproduksi addon, plugin serta ekstensi khusus untuk marketplace.

Tips Membuat Web Marketplace

Ada beberapa tips yang tidak boleh Anda lewatkan ketika membuat sebuah web marketplace. Tips-tips berikut ini bisa Anda terapkan supaya website bisa berjalan dan berkembang sesuai dengan harapan.

Tips pertama adalah menentukan nama domain yang benar-benar sesuai dengan merek Anda. Sebaiknya pemilihan nama ini harus mudah diingat dan tidak terlalu sulit. Kedua adalah menentukan target pasar. Anda harus menganalisa siapa target pasar yang akan dibidik. Misalnya seperti keperluan rumah tangga dengan target pasar para ibu-ibu.

Ketiga adalah menyiapkan sumber daya manusia yang akan mengelola bisnis Anda. Mempersiapkan SDM yang cekatan dan terampil sangat penting untuk kemajuan bisnis. Untuk permulaan Anda bisa menyiapkan customer service, dan teknisi. Selanjutnya bisa mengikuti sesuai kebutuhan.

Yang terakhir dan memiliki peran sangat vital adalah promosi. Perkembangan sebuah website marketplace sangat bergantung pada promosi. Anda bisa melihat website terbesar seperti yang sudah disebutkan tadi melakukan berbagai cara untuk promosi mulai dari internet, televisi, radio dan lain sebagainya dengan biaya yang tentu saja tidak sedikit.