Cara Mengatur Widget dan Plugin dalam Website

Cara Mengatur Widget dan Plugin dalam Website
Cara Mengatur Widget dan Plugin dalam Website

Seorang blogger haruslah mengetahui cara mengatur widget dan plugin dalam website agar website yang dikelola memiliki tampilan menarik dan tentunya mudah dijalankan oleh manusia (human friendly).  Widget sendiri merupakan sebuah kolom berukuran kecil dengna fungsi sangat beragam dan biasa terletak pada bagian footer atau sidebar sebuah website.

Cara Mengatur Widget dan Plugin Dalam Website

Cara Mengatur Widget

Berikut ini adalah cara untuk mengatur widget pada platform wordpress. Dalam mengatur widget ini tidak diperlukan pemahaman akan ilmu programing sama sekali. Pertama-tama Anda hanya perlu mengakses dasbor administrator di website Anda, kemudian klik pada menu tampilan/appearance dan pilih ’’widget’’.

Setelah terbuka pilih widget yang hendak ditambahkan agar muncul pada menu drop seterusnya pilih lokasi penempatan widget pada space yang sudah tersedia kemudian baru pilih ’’tambahkan widget/add widget’’.

Ketik mengcustom widget, Anda bisa menambahkan nama pada kolom ’’judul’’ sesuai keinginan. Masing-masing widget memiliki pengaturan berbeda sesuai dengan fitur yang diusung. Untuk mengatur posisi widget, Anda bisa memindahkannya dengan cara drag and drop kemudian setelah ditemukan posisi yang sesuai baru tekan ’’simpan’’.

Widget dalam WordPress

Widget dan plugin dalam website berplatform wordpress secara default memiliki 16 buah widget. Pertama adalah arsip (archives) yang berfungsi untuk menampilkan jumlah pos talam sebulan. Kedua adalah audio yang berfungsi untuk memberikan efek audio ketika pengunjug membuka website yang Anda kelola. Ketiga adalah tag cloud yang berfungsi untuk menampilkan keseluruhan tag berbeda dengan berbagai font sesuai dengan banyaknya postingan.

Keempat adalah search/cari yang berfungsi untuk memudahkan pembaca menemukan postingan sesuai keinginan, kelima adalah image/gambar yang berfungsi untuk memunculkan gambar secara penuh dan bisa juga dilengkapi dengan sebuah tautan. Yang keenam adalah custom HTML yang berfungsi untuk membuat widget tanpa harus repot-repot mengatur plugin dengan HTML khusus.

Ketujuh adalah kalender yang berfungsi untuk menampilkan tanggal, di samping itu kalender juga berfungsi untuk menampilkan arsip yang sudah dikategorikan berdasarkan tanggal, kedelapan adalah kategori yang berfungsi untuk memunculkan list kategori postingan, kesembilan adalah komentar terbaru, kesepuluh adalah laman/pages yang berfungsi untuk memunculkan list halaman yang tersedia di dalam website, kesebelas custom menu yang berfungsi untuk memunculkan menu pada bagian header, sidebar, ataupun footer.

Selain itu widget dan plugin dalam website berplatform wordpress yang ke duabelas adalah meta yang memiliki fungsi untuk mengakses admin RSS, dashbor, WordPress org serta sign out. Selanjutnya ketigabelas ada recent post yang berfungsi untuk menampilkan postingan-postingan terbaru, keempat belas ada RSS yang berfungsi untuk menampilkan postingan dari platform lain, kelima belas ada text yang berfungsi  untuk menampilkan teks custom dan yang terakhir ada video untuk menampilkan video di website.